Kapal pengangkut batubara melintasi Sungai Mahakam, Samarinda, Minggu (31/12). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan target produksi batubara tahun 2018 sebesar lebih dari 477 juta ton akan melampaui penetapan produksi batubara yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sebesar 406 juta ton. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/17.

Kapal pengangkut batubara melintasi Sungai Mahakam, Samarinda, Minggu (31/12). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan target produksi batubara tahun 2018 sebesar lebih dari 477 juta ton akan melampaui penetapan produksi batubara yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sebesar 406 juta ton. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/17.

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam waktu dekat akan melelang 16 wilayah pertambangan baik wilayah eks Kontrak Karya (KK), Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) maupun Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan beleid baru berupa Peraturan Menteri (Permen) sebagai landasan hukum dan skema penetapan harga lelang.

“Sedang kami¬†siapkan Permennya untuk skema pelelangannya,” terangnya, Rabu (3/1).

Namun sayangnya Arcandra masih enggan menyebutkan poin-poin dalam aturan yang tengah disiapkan itu. Alasannya, karena masih dalam tahapan usulan. Ia juga belum bisa memastikan kapan lelang tersebut akan dimulai. Yang jelas, kata Arcandra, Permen tersebut secepatnya akan dikeluarkan.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Publik dan Kerjasama, Kementerian ESDM, Agung Pribadi menambahkan, nantinya Permen yang tengah dibuat akan menjadi acuan administrasi dalam lelang.

“Untuk eks KK dan PKP2B akan dilelang Pemerintah Pusat. Tapi untuk eks IUP yang melakukan lelang provinsi, mengacu Permen yang disiapkan oleh Menteri ESDM,” ungkapnya di Kantor Kementerian ESDM.

Saat ini minimal akan ada 16 wilayah pertambangan yang rencananya akan dilelang pada tahun ini. Di antaranya 5 wilayah pertambangan eks Kontrak Karya, satu eks PKP2B dan sisanya eks IUP.

Adapun 16 wilayah pertambangan itu, sudah terselesaikan masalah tata ruang dari Kementerian Perhutanan. Jadi, tidak ada kendala untuk segera dilaksanakannya lelang. Namun, sayangnya ia belum bisa memastikan kapan lelang tersebut akan dimulai.

Sementara untuk wilayah pertambangan lain yang potensial untuk dilelang, Agung bilang, masih membahas persoalan ini dengan daerah. Pasalnya, masih ada yang tersandung masalah tata ruang dan kehutanan. Jadi, inginnya pemerintah sebelum lelang wilayah ini berjalan, urusan mengenai tumpang tindih lahan bisa segera diselesaikan.

Sumber –¬†http://industri.kontan.co.id/

Pemerintah Selesaikan SOP Ketentuan Pengenaan Sanksi Pelanggar B20

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur pengenaan sanksi untuk pelanggar kewajiban penyaluran biodiesel »

Pengembangan batubara sebagai energi alternatif masih temui kendala

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengembangkan energi baru berbasis batubara.Peningkatan nilai tambah ini dimaksudkan untuk menjadi »

Harapan pengusaha Batubara bagi calon Presiden dan Wakil Presiden

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengharapkan, siapapun Presiden terpilih nanti harus mampu mendorong industri pertambangan barubara agar memaksimalkan »

Menteri Rini Sindir Bos-Bos BUMN Tambang Soal Nilai Tambah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyindir bos-bos perusahaan tambang negara yang dinilai masih kurang mengoptimalkan produksi tambang mereka untuk menghasilkan nilai tambah.¬† »

Eksportir batubara dukung beleid Kementerian ESDM tentang LC dan TKDN

JAKARTA.¬†Para pebisnis dan eksportir batubara mendukung kebijakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengeluarkan peraturan tentang penggunaan produk lokal dengan menaikkan »

Optimalkan produksi, Wamen ESDM minta Saka Energy kurangi dead stock

GRESIK.¬†Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PT Saka Energi Indonesia (Saka) untuk bisa memaksimalkan potensi. Salah satunya dengan mengurangi sisa minyak bumi yang tak »

Berikan Komentar