Batubara Milik PT AKBAR INDO MAKMUR STIMEC TbkPengusaha batubara tak perlu was-was lagi soal rencana penerapan royalti progresif ke barang tambang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak akan mengenakan royalti progresif kepada batubara.

Rencana tarif royalti progresif ini tertera dalam revisi PP No. 9/2012 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (Harian KONTAN, 28 November 2017). Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, Bambang Susigit mengatakan, yang terkena tarif royalti progresif hanya emas, tembaga dan perak saja. “Batubara tidak,” terangnya di Gedung DPR, Rabu (29/11).

Bambang belum bisa membeberkan alasan batubara tidak terkena royalti tambahan. Berdasarkan PP No. 9/2012, tarif royalti untuk izin usaha pertambangan yaitu, kualitas kalori rendah 5.100 kkal/kg sebesar 3% dari harga jual, kualitas sedang 5.100 kkal/kg hingga 6.100 kkal/kg sebesar 5% dari harga jual, serta kualitas tinggi 6.100 kkal/kg mencapai 7% dari harga jual. Sedangkan pungutan tarif royalti plus pengembangan batubara untuk Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) dipungut rata 13,5% dari harga jual. Sebelumnya, di tahun 2014 usulan tarif royalti progresif batubara mengemuka, tapi batal.

Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk Arie Prabowo Ariotedjo menyatakan, sebelum kebijakan ini muncul, sebaiknya pemerintah kembali mengkaji ulang biaya produksi perusahaan pertambangan dari hasil tambang. “Bisa juga di bedakan antara yang underground dengan yang open pit mining,” tandas Arie.

Sumber – http://industri.kontan.co.id

Asosiasi batubara minta impor ke China kembali dibuka

Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) telah menyampaikan permintaan kepada otoritas China untuk bisa kembali membuka impor batubara dari Indonesia. Hal itu dilakukan mengingat pembatasan »

Pro kontra revisi PP tentang minerba, begini pandangan pengamat dan Asosiasi

Perubahan keenam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara (minerba) ditentang oleh sejumlah kalangan. Sebabnya, revisi ini »

Saham tambang makin cantik di kuartal IV, ini saham pilihan analis NH Korindo

JAKARTA. Grup saham pertambangan tengah menanjak 2% sepanjang Desember hingga Rabu lalu (5/12). Perolehan return sektor tambang bahkan lebih tinggi dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang »

Digitalisasi Eksplorasi Tambang Menggunakan Micromine

Jakarta, Gatra.com – Saat ini perusahaan pertambangan mulai mengadopsi atau mematangkan strategi digitalisasi mereka. Dengan proses digitalisasi, maka perusahaan akan mendapatkan efisiensi »

Daftar Perubahan jabatan di Lingkungan Direktorat Jenderal Mineral & batubara

Perusahaan Anggota yth., Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, pada  Rabu 21 November 2018 melantik 50 (lima puluh) orang Pejabat di Lingkungan Kementerian ESDM yang terdiri »

9 perusahaan tambang dapat perpanjangan izin jadi IUPK

Generasi pertama Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) mendapatkan lampu hijau dari pemerintah berkaitan dengan perpanjangan izin tambang menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus »

Berikan Komentar