November 2017, PNBP Minerba Melampaui Target

Dikutip dalam siaran pers Kementerian ESDM, Sabtu, 18 November 2017, hingga kini subsektor minerba masih menjadi salah satu kontributor utama dalam rangka meningkatkan penerimaan negara dari PNBP.

Data Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, per 17 November 2017, PNBP minerba telah mencapai angka Rp35 triliun.

Angka PNBP tersebut berasal dari tiga jenis penerimaan, yakni royalti sebanyak Rp19,8 triliun atau sebesar 56,6 persen, penjualan hasil tambang Rp14,7 triliun atau 42 persen dan iuran tetap mencapai Rp500 miliar atau 1,4 persen dari total PNBP sektor minerba.

Tingginya angka PNBP tersebut antara lain didorong oleh peningkatan pengawasan, kepatuhan perusahaan melunasi tunggakan dan harga komoditas batu bara itu sendiri.

Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pencapaian November ini mengalami peningkatan sebesar 29 persen dibandingkan dengan penerimaan 2016, di mana realisasi PNBP minerba pada tahun tersebut sebesar Rp27,1 triliun. Adapun angka PNBP minerba yang dicatatkan di 2015 mencapai Rp23,8 triliun.

Sebelumnya, pada September lalu, Direktur Jenderal (Dirjen) Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot menyampaikan optimisme pencapaian target PNBP minerba 2017 dengan catatan tidak ada penurunan harga batu bara acuan (HBA) hingga di bawah USD70 per ton.

Dalam berbagai kesempatan, Bambang juga mengatakan masalah penerimaan negara dari sektor minerba harus dipadukan dengan kebijakan jangka panjang. Batu bara, misalnya, dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) penggunaannya dalam bauran energi akan diturunkan. Oleh sebab itu, penerimaan negara akan sangat bergantung terhadap tingkat harga dan produksi dari para produsen.

Sumber –¬†http://ekonomi.metrotvnews.com

Asosiasi batubara minta impor ke China kembali dibuka

Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) telah menyampaikan permintaan kepada otoritas China untuk bisa kembali membuka impor batubara dari Indonesia. Hal itu dilakukan mengingat pembatasan »

Pro kontra revisi PP tentang minerba, begini pandangan pengamat dan Asosiasi

Perubahan keenam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara (minerba) ditentang oleh sejumlah kalangan. Sebabnya, revisi ini »

Saham tambang makin cantik di kuartal IV, ini saham pilihan analis NH Korindo

JAKARTA.¬†Grup saham pertambangan tengah menanjak 2% sepanjang Desember hingga Rabu lalu (5/12). Perolehan return sektor tambang bahkan lebih tinggi dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang »

Digitalisasi Eksplorasi Tambang Menggunakan Micromine

Jakarta, Gatra.com¬†– Saat ini perusahaan pertambangan mulai mengadopsi atau mematangkan strategi digitalisasi mereka. Dengan proses digitalisasi, maka perusahaan akan mendapatkan efisiensi »

Daftar Perubahan jabatan di Lingkungan Direktorat Jenderal Mineral & batubara

Perusahaan Anggota yth., Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, pada ¬†Rabu 21 November 2018 melantik 50 (lima puluh) orang Pejabat di Lingkungan Kementerian ESDM yang terdiri »

9 perusahaan tambang dapat perpanjangan izin jadi IUPK

Generasi pertama Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) mendapatkan lampu hijau dari pemerintah berkaitan dengan perpanjangan izin tambang menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus »

Berikan Komentar