November 2017, PNBP Minerba Melampaui Target

Dikutip dalam siaran pers Kementerian ESDM, Sabtu, 18 November 2017, hingga kini subsektor minerba masih menjadi salah satu kontributor utama dalam rangka meningkatkan penerimaan negara dari PNBP.

Data Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, per 17 November 2017, PNBP minerba telah mencapai angka Rp35 triliun.

Angka PNBP tersebut berasal dari tiga jenis penerimaan, yakni royalti sebanyak Rp19,8 triliun atau sebesar 56,6 persen, penjualan hasil tambang Rp14,7 triliun atau 42 persen dan iuran tetap mencapai Rp500 miliar atau 1,4 persen dari total PNBP sektor minerba.

Tingginya angka PNBP tersebut antara lain didorong oleh peningkatan pengawasan, kepatuhan perusahaan melunasi tunggakan dan harga komoditas batu bara itu sendiri.

Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pencapaian November ini mengalami peningkatan sebesar 29 persen dibandingkan dengan penerimaan 2016, di mana realisasi PNBP minerba pada tahun tersebut sebesar Rp27,1 triliun. Adapun angka PNBP minerba yang dicatatkan di 2015 mencapai Rp23,8 triliun.

Sebelumnya, pada September lalu, Direktur Jenderal (Dirjen) Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot menyampaikan optimisme pencapaian target PNBP minerba 2017 dengan catatan tidak ada penurunan harga batu bara acuan (HBA) hingga di bawah USD70 per ton.

Dalam berbagai kesempatan, Bambang juga mengatakan masalah penerimaan negara dari sektor minerba harus dipadukan dengan kebijakan jangka panjang. Batu bara, misalnya, dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) penggunaannya dalam bauran energi akan diturunkan. Oleh sebab itu, penerimaan negara akan sangat bergantung terhadap tingkat harga dan produksi dari para produsen.

Sumber –¬†http://ekonomi.metrotvnews.com

Menteri Rini Sindir Bos-Bos BUMN Tambang Soal Nilai Tambah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyindir bos-bos perusahaan tambang negara yang dinilai masih kurang mengoptimalkan produksi tambang mereka untuk menghasilkan nilai tambah.¬† »

Eksportir batubara dukung beleid Kementerian ESDM tentang LC dan TKDN

JAKARTA.¬†Para pebisnis dan eksportir batubara mendukung kebijakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengeluarkan peraturan tentang penggunaan produk lokal dengan menaikkan »

Optimalkan produksi, Wamen ESDM minta Saka Energy kurangi dead stock

GRESIK.¬†Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PT Saka Energi Indonesia (Saka) untuk bisa memaksimalkan potensi. Salah satunya dengan mengurangi sisa minyak bumi yang tak »

Tata Kelola Pertambangan, BPSDM ESDM Gelar Uji Kompetensi Inspektur Tambang

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) bersama dengan¬†Direktorat Jenderal Minerba¬†melaksanakan Uji Kompetensi¬†Inpassing¬†Jabatan Fungsional Inspektur »

Badan Usaha Tak Patuh Biodiesel 20% Kena Denda Rp 6.000/Liter

Pemerintah menetapkan¬†sanksi Rp 6.000/liter¬†bagi badan usaha yang tidak patuh¬†biodiesel 20%¬†untuk campuran bahan bakar minyak (BBM). Sebelumnya aturan wajib biodiesel 20% telah diperluas ke sektor »

Pengamat: Ketidakpastian sektor tambang & energi jadi penghambat realisasi investasi

Realisasi investasi di sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM) sepanjang semester I-2018 dinilai masih minim. Untuk itu, Kementerian ESDM perlu ekstra kerja keras untuk mendorong realisasi »

Berikan Komentar