Harga Batu Bara Tetap, Laba PLN Bisa Capai Rp15 Triliun PT PLN (Persero) optimistis jika harga batu bara ditetapkan tetap (fix price) maka laba perseroan akan meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. Perseroan menaksir laba yang akan diperoleh sekitar Rp10 triliun sampai Rp15 triliun.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir memperkirakan lonjakan laba itu karena setengah produksi listrik yang dihasilkan oleh PLN berasal dari pembangkit berbahan bakar batu bara.

“Kalau harganya fix, keuntungannya lagi dihitung. Mudah-mudahan sih bisa mencapai Rp10 triliun-Rp15 triliun,” kata Sofyan, di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018.

Sofyan menjelaskan, selain harga batu bara yang akan membuat laba PLN berubah signifikan, harga energi primer lain yang sudah dipatok formulanya oleh pemerintah yaitu harga untuk gas juga mempengaruhi laba PLN. Sedangkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus naik tidak akan berdampak besar lantaran konsumsinya hanya lima persen.

Menurutnya, laba itu nantinya akan digunakan untuk kegiatan investasi. Terutama, untuk pembangunan pembangkit listrik di daerah terpencil, jaringan transmisi, serta jaringan distribusi. Untuk tahun ini, lanjut mantan bos BRI ini, investasi yang akan dikucurkan PLN sekitar Rp100 triliun.

“Sekitar Rp100 triliunan, di 2018 saja. Buat transmisi, distribusi, pembangkit di wilayah 3T, terluar, terjauh,” imbuh dia. Angka investasi ini naik 25 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Seperti diketahui, proyek besar sektor kelistrikan yang digarap PLN adalah Program 35 ribu Megawatt (MW). Program ini menyedot kebutuhan investasi terbesar. Sisanya, anggaran investasi digunakan untuk Proyek Percepatan 10 Ribu MW dan program listrik desa.

Sumber – http://ekonomi.metrotvnews.com

Kinerja solid emiten tambang batubara diproyeksi bakal berlanjut pada semester ini

Sejumlah emiten tambang batubara berhasil mencatatkan kinerja yang solid berkat kenaikan harga batubara global. Sejumlah emiten produsen batubara kompak mencatatkan kenaikan pendapatan dan laba »

ESDM: Cadangan Batubara Indonesia 38,84 Miliar Ton, Cukup 65 tahun

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, cadangan batubara Indonesia saat ini tercatat mencapai 38,84 miliar ton. Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM »

Holding dan IPO BUMN Panas Bumi Percepat Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan

Kementerian BUMN merencanakan pembentukan Holding BUMN Geothermal dengan menggabungkan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Geo Dipa Energi (Persero) dan unit bisnis panas bumi PT PLN (Persero) »

Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi di Sektor Tambang

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pemanfaatkan teknologi informasi untuk sektor pertambangan di tengah tantangan situasi pandemi. Pemerintah telah meningkatan pelayanan »

Ada Lowongan di Holding BUMN Pertambangan! Ayo Dicek Syaratnya

Mining Industry Indonesia (MIND ID) membuka lowongan kerja untuk Management Acceleration Program. Kesempatan lowongan pekerjaan ini diperuntukkan bagi lulusan S1 hingga S2. “Untukmu Rekanaker! »

Harga Batu Bara Cs Meroket, Setoran ke Negara Melonjak 60%

Penerimaan negara di sektor pertambangan pada semester I 2021 mencapai Rp 27,59 triliun, melonjak sebesar 59,66% dibandingkan semester I 2020 yang hanya mencapai Rp 17,28 triliun. Data ini diperoleh »

Berikan Komentar